Seruan Gerakan Sholat Subuh Berjamaah Sambut HUT Kemerdekaan RI ke 72

Seruan Gerakan Sholat Subuh Berjamaah Sambut HUT Kemerdekaan RI ke 72

Dalam rangka memperingati HUT ke 72 Kemerdekaan RI, Majelis Ulama Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta mengeluarkan seruan kepada seluruh takmir masjid di seluruh D.I Yogyakarta untuk mengadakan gerakan sholat subuh berjamaah dan pengajian besok Kamis, 17 Agustus 2017. Salah satu masjid yang akan mengadakan Gerakan Sholat Subuh Berjamaah yaitu Masjid Jogokariyan dengan menghadirkan Ustad Salim A. Fillah dan Ustad Jasir ASP sebagai pembicara. Selain itu ada acara nonton bareng live streaming tausyiah Ustad Bachtiar Nasir dan Ustad Ahmad Heryawan (Gubernur Jawa Barat) langsung dari Bandung. Gerakan SSB spesial hari kemerdekaan akan diadakan serentak di berbagai kota besar di Indonesia.

Peringatan hari kemerdekaan dengan sholat subuh berjamaah kali ini bertujuan untuk menguatkan ukhuwah islamiyah, mempertebal kesyukuran dan memantapkan pembelaan terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Menepis tuduhan-tuduhan miring yang selalu di tujukan kepada umat islam seperti anti Pancasila, anti NKRI, anti ke-Binekhaan, Intoleran dan lain sebagainya. Momen kemerdekaaan adalah waktu yang tepat untuk menunjukkan jati diri umat islam dan perananya dalam perjuangan merengkuh kemerdekaan. Telah tercatat rapi dalam lembaran sejarah bahwa kemerdekaan Indonesia 72 tahun lalu itu merupakan buah perjuangan Ulama dan Santri di Nusantara.

Kemerdekaan merupakan anugerah besar dari Allah Azza Wa Jalla kepada rakyat Indonesia yang sudah seharusnya dipertahankan. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam pembukaan UUD 1945 bahwa kemerdekaan merupakan rahmat Allah Yang Maha Kuasa tentunya setelah didahului dengan perjuangan oleh kaum muslimin. Salah satu cara mensyukuri anugerah kemerdekaan yaitu menebarkan dakwah di tengah masyarakat menuju ketaatan kepada Allah. Sebagaimana janji Allah dalam Al-Quran “Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi…” (Al-A’raf: 96). Jika penduduk negeri ini bertakwa tentu Allah akan menambah keberkahan dan kemakmuran bagi bangsa ini.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *