Rumus DNA Untuk Pelajar

Rumus DNA Untuk Pelajar

Ujian adalah sebuah perjuangan, dan itu sunnatullah kehidupan. Hidup ini adalah perjuangan, maka tiada kehidupan tanpa perjuanagn, bila kita hidup dan tidak mau berjuang, maka mati adalah lebih baik. Jadi perjuangan dalam hidup adalah sebuah sunnatullah. Dan Itulah kehidupan.

Sejak sebelum kita lahir, kita telah melalui perjuangan yang seandainya dahulu kita tidak berjuang, mungkin kita tidak lahir di dunia ini. Ingatkah kita bahwa sel sperma yang jumlahnya jutaan hari harus melalui perjuangan dulu untuk kemudian satu dari jutaan sperma tersebut memenangkan perjuangan dan dapat bertemu dengan ovum/sel telur? Karena sel sperma yang lain tidak mmpu berjuang, maka sama dengan gugurlah mereka dan tertinggal tinggal 1 sel sperma yang kemudian jadi lah kita seperti saat ini.

Kita masuk di UGM juga sebuah perjuangan. Puluhan ribu mahasiswa mendaftar di UGM namun ternyata hanya 4000 ribuan mahasiswa yang diterima, maka ini pun adalah sebuah perjuangan. Sekarang, kita telah berada di UGM, memenangkan perjuangan itu, sekarang kita dihadapkan pada perjuangan yang lain, yaitu menaklukkan soal-soal di dalam Ujian.

Sampai kapankah perjuangan kita berakhir ? Hingga kaki ini melangkah ke surga. Bila kita telah berada dalam surga, baru lah kita berhenti berjuang, karena disana kita tinggal menikmati buah dari perjuangan kita.

Maka hakekat hidup ini adalah ibadah kepada Allah. Ujian adalah ibadah kepada Allah, kuliah kita pun adalah ibadah kepada Allah. Maka sepantasnya kuliah kita ini mampu membuat kiat semakin dekat dengan Allah. Para ulama telah menasehatkan kepada kita bahwa tanda ilmu yang baik adalah ilmu yang menjadikan kita semakin dekat dengan Allah? Maka kuliah kita seharusnya menjadikan kita semakin dekat.

Sebaliknya, jika kuliah kita ini hnaya menjadikan kita semakinjauh dari Allah, untukapa kita kuliah? Kita habiskan 24 jam waktu kita unuk berfisika,berkimi, berkomputer, namun ternyata semaua itu anya menjadikan hatu kita keras, membatu, panggilan adzan kta abaikan, perinah orang tua kita lalaikan, dengan alsan sedang fokus belajra, sedang sedang kerj atugas-tugas. Apa guna nya ?

Maka hakekat kuliah adalah untuk mendapatkan ridho Allah. Untuk apa kita kuliah, IPK 4.00 namun naun jauh dari Allah. Betapa kecil dan rendahnya tujuan hidup kita jika kita hanya mengharapkan harta, jabatan, popularitas, menag olimpidae, semua itu terlalu kecil saudara.

Ingatlah sabda rasulullah: seandainya dunia ini lebih berharga dibandingkan sehelai sayap nyamuk saja, niscaya orang-orang kafir tidak akan diberikan dunia meskipun seteguk air.

Ingat, Ujian adalah ibadah maka tidak pantas ibadah kita dapatkan degan nyontek saat ujian. Ibadah tidak pantas dibangun diatas kecurangan.

Nyontek menyebabkan murka Allah

مَنِ الْتَمَسَ رِضَى اللَّهِ بِسَخَطِ النَّاسِ رَضِيَ الله تعالى عَنْهُ وَأَرْضَى النَّاسَ عَنْهُ وَمَنِ الْتَمَسَ رِضَا النَّاسِ بِسَخَطِ اللَّهِ سَخَطَ اللَّهُ عَلَيْهِ وَأَسْخَطَ عليه الناس

“Siapa yang mencari ridha Allah namun mengundang murka manusia maka Allah akan meridhainya dan Allah akan membuat banyak orang ridha kepadanya. Siapa yang mencari kerelaan manusia dengan mengundang murka Allah, maka Allah murka kepadanya dan Allah akan membuat banyak orang murka kepadanya.” (HR. Ibnu Hibban dan Sanadnya dinilai Hasan oleh Syuaib Al-Arnauth).

ن الرَّجُلَ لَيُحْرَمُ الرِّزْقَ بِالذَّنْبِ يُصِيبُهُ

Sesungguhnya terkadang seseorang dihalangi mendapatkan rizki disebabkan dosa yang dia lakukan. (HR. Ahmad, Ibn Hibban, Ibnu Majah dan yang lainnya).

Maka untuk menaklukkan soal-soal Ujian, cukup dengan rumus DNA. Apa itu? doa dan Action. Berdoa dan berusaha. Berdoa sebelum belajar, berdoa saat belajar, dansberdoa setelah belajar. Doa apa? Doa agar diberi pemahaman , doa agar dimudahkan menghafal yang memang perlu dihafal,berdoa agar diberi petunjuk, bagian manakah yang akan dijadikan soal oleh dosen.

Berdoa sebelum ujian, berdoa saat ujian,berdoa setelah ujian.

Doa adalah senjata seorang muslim, karena doa adalah komuikasi kita dengan Allah.

Allah: berdoalah kepada ku, niscaya aku kanakabulkan doa mu.

kita mampu menjawab soal-soal ujian, bukan karena kemampuan kita, kecerdasan kita, kehebatan kita, namun karena pertolongan Allah. Bila Allah berkehendak, sesuatu yang mungkin bisa jadi tidak mngkin dan sesuatu yang tidak mungkin bisa jadi mugkin.

Berdoalah, dan belajarlah, insya Allah Ujian bisa kita taklukkan.

UTS dan UAS ialah ujian kehidupan, yang penting di sisi Allah bukan lah nilai A namun ketakwaan kita.

Untuk apa dapat nilai A dari dosen namun dapat nilai E dari Allah.

Nyontek = bukan jaminan dapat nilai A karena nilai telah Allah tentukan 50 ribu tahun yang llau sebelum manusia diciptakan. Meskipun nyontek, kalau takdirny adaoat nilai E, asti dapat nilai E.

Belajar lah…..- pahami tipe-tipe belajar.- banyak orang yang mau belajar namun ia tidak tau bagaimana caranya belajar karena ia tidak paham drinya.

(akhyar#13)

.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *