Pesan Sultan Muhammad Al Fatih Buat Umat Islam

Pesan Sultan Muhammad Al Fatih Buat Umat Islam

Nabi SAW sempat bersabda: “Konstantinopel akan takluk di tangan seorang pemimpin (Islam). Di tangan dialah sebaik-baiknya pemimpin dan di tangan dialah sebaik-baiknya pasukan”. Hadist ini diriwayatkan secara shahih oleh HR Akhmad.

Ternyata kebenaran itu terbukti. Tahun 1453, Al Fatih menaklukkan Konstantinopel. Dia kemudian mengubah gereja St Sophia menjadi sebuah masjid Haghia Sophia.

Ambisi Al Fatih sebenarnya adalah menaklukkan Roma di kemudian hari. Tapi sayang, sebelum cita-citanya terwujud, Al Fatih meninggal dalam perjalanan menuju Roma. Sebelum wafat, dia sempat menuliskan sebuah surat panjang. Surat ini berupa pesan untuk anaknya. Tapi juga pesan untuk umat Islam di seluruh dunia. Seperti apa pesan dari seorang pemimpin terbaik di dunia itu? Simak kutipannya.

“Tak lama lagi aku akan menghadap Allah SWT. Namun aku sama sekali tidak merasa menyesal karena aku meninggalkan pengganti sepertimu. Jadilah engkau seorang pemimpin yang adil, saleh dan penyayang. Rentangkan perlindunganmu untuk seluruh rakyatmu, tanpa kecuali. Bekerjalah engkau untuk menyebarkan Islam karena itu sesungguhnya itu merupakan kewajiban para penguasa di muka bumi ini. Kedepankan kepetingan agama di atas kepentingan lain apapun.”

Janganlah kamu lemah dan lengah untuk terus menjalaninya. Janganlah sekali-kali engkau angkat jadi pegawaimu mereka yang tidak peduli dengan agama, yang tidak menjauhi dosa besar dan yang tenggelam dalam dosa. Jauhilah olehmu bi’dah yang merusak agama. Jauhi pula mereka yang menggodamu untuk memasukinya. Lakukan perluasan setiap jengkal tanah Islam dengan jihad. Lindungi harta Baitul Mal jangan sampai dihambur-hamburkan. Jangan sekali-kali tanganmu mengambil harta rakytmu kecuali sesuai dengan ketentuan Islam. Pastikan mereka yang lemah dan fakir mendapatkan jaminan kekuatan darimu dan berikanlah penghormatanmu untuk siapa yang memang berhak..

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *