Menjelang Kiamat Datang

Menjelang Kiamat Datang

Kamu pasti sudah familier dengan kata “kiamat”, ya khan? Kita pelajari bareng-bareng, tanda-tanda apa saja yang muncul menjelang datangnya hari itu.

Dari Hudzaifah bin Asid Al Ghifari : Nabi shollallaahu ‘alaihi wa salam datang kepada kami ketika kami sedang mengkaji suatu hal. Beliau berkata –yang artinya-: ”Apakah yang sedang kalian bahas?” Mereka menjawab –yang artinya-: ”Kami sedang mengingat (mengkaji) tentang hari kiamat.” Beliau bersabda –yang artinya-: ”Sesungguhnya kiamat tidak akan terjadi sehingga kalian menyaksikan sebelumnya sepuluh tanda.” Maka beliau menyebutkan, yaitu –yang artinya-: ”Keluarnya asap tebal, munculnya dajjal, binatang bumi, terbitnya matahari dari tempat terbenamnya, turunnya ‘Isa ibnu Maryam, Ya’juj dan Ma’juj, tiga pembenaman bumi, di timur, di barat, di semenanjung ‘Arabia dan terakhir adalah keluarnya api dari Yaman yang akan menggiring manusia ke Mahsyar mereka.” (terjemahan hadits riwayat Muslim)

Itu merupakan sebagian tanda-tanda kiamat. Sebenarnya masih ada tanda-tanda yang lain, namun berhubung ruangnya mepet (dan penulis juga harus bikin laporan praktikum he… he… he…), jadi sepuluh tanda-tanda saja yang dimuat.

Munculnya Dajjal

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa salam bersabda –yang artinya-: “Semenjak Adam diciptakan sampai berdirinya kiamat tidak ada hal (cobaan) yang lebih besar dari dajjal.” (terjemahan hadits riwayat Muslim)

Ia adalah seorang laki-laki berbadan besar, merah, berambut keriting, matanya sebelah kiri terhapus sedangkan matanya sebelah kanan seperti biji anggur yang terapung, tertulis diantara kedua matanya kata kafir yang dapat dibaca oleh setiap mu’min baik yang bisa menulis maupun tidak, kepalanya dari belakang terlihat tebal dan berkelok-kelok.

Dajjal akan mendakwahkan dirinya sebagai tuhan. Bersamanya ada surga (yang sebenarnya adalah neraka) dan juga neraka (yang sebenarnya adalah surga). Ia bisa menggergaji manusia sehingga terbelah menjadi dua, lalu dihidupkan kembali. Bila ia melewati suatu negeri yang penduduknya mendustakannya, maka tidak ada satupun binatang ternak yang tidak musnah. Bila ia melewati suatu negeri yang penduduknya membenarkannya, maka ia akan memerintahkan langit untuk menurunkan hujan, maka turunlah hujan, dan ia memerintahkan bumi untuk tumbuh, maka bumi pun tumbuh, binatang pun berkembang menjadi gemuk. Semua itu terjadi atas izin dan kehendak Allah.

Semua negeri di muka bumi akan dikalahkannya, kecuali Makkah dan Madinah. Allah berkehendak menjaga setiap celah dua tanah suci itu dengan malaikat yang membawa pedang yang tajam dan berkilat. Kemudian bergetarlah kota Madinah dengan tiga kali guncangan, maka semua orang munafik dan fasik akan pergi bergabung dengannya.

Ia akan berada di bumi selama 40 hari, satu hari darinya sama dengan satu tahun, satu hari lagi sama dengan satu bulan, dan satu hari lagi sama dengan satu pekan, sedangkan sisa-sisa hari-hari tersebut sama dengan hari-hari biasa.

Kepingin berlindung dari fitnahnya makhluk serem ini? Kamu bisa membaca 10 ayat awal atau 10 ayat akhir surat Al Kahfi, atau dengan membaca doa meminta perlindungan dari fitnah dajjal setiap duduk tasyahud akhir saat shalat.

Turunnya hamba Allah, Ibnu Maryam.

‘Isa akan turun di menara putih, timur Damsyik. Postur tubuhnya sedang, berkulit putih kemerah-merahan, memakai dua lapis pakaian sambil meletakkan dua telapak tangannya di atas sayap-sayap dua malaikat, kepalanya seakan-akan meneteskan air walau tidak basah.

Kemudian beliau alaihis salam akan mengikuti shalat shubuh berjama’ah. Sholat itu diimami oleh salah seorang keturunan Hasan bin Ali bin Abi Thalib (cucu Rasulullah), yang bernama Muhammad atau Ahmad bin Abdullah, atau lebih populer dikenal sebagai Imam Mahdi.

Sesudah shalat selesai beliau alaihis salam menghadapi dajjal. Bersama dajjal ada 70.000 orang Yahudi yang membawa pedang berhias emas dan memakai jubah besar berwarna hijau. Ketika beliau alaihis salam melihat dajjal, maka dajjal pun meleleh seperti lelehnya garam dalam air. Kemudian dajjal lari dan dihadang serta dibinasakan oleh ‘Isa di pintu timur kota Lud. Pasukan yahudi yang sombongnya minta ampun akhirnya terkalahkan.

Beliau alaihis salam akan menjadi hakim yang adil dan pemimpin yang bijaksana. Beliau akan menghancurkan salib, membunuh babi-babi, menghapus jizyah (upeti dari orang non muslim), dan menghapus zakat. Beliau juga akan menunaikan ibadah haji atau umrah atau kedua-duanya.

Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj

Ya’juj dan Ma’juj adalah suatu kaum yang jahat dan nakal sehingga Dzulqarnain membangun dinding untuk mengurung mereka.

Setelah dinding berlobang, mereka akan menyerang semua manusia. Kaum muslimin akan berlarian menuju kota-kota dan benteng-benteng. Apabila sebagian Ya.juj dan Ma,juj melewati sungai, maka mereka meminumnya sampai kering, sehingga ketika sebagian mereka yang lain melewati sungai tersebut, maka mereka berkata –yang artinya-: “Dulu di sini pernah ada air.” Apabila sudah tidak tersisa manusia di suatu kota atau benteng kecuali seorang saja, maka berkata seorang dari mereka –yang artinya-: “Mereka-mereka penduduk bumi sudah kita habisi, maka yang tertinggal adalah penduduk langit” Kemudian salah seorang dari mereka melemparkan tombaknya ke langit, dan tombak itu kembali dengan berlumuran darah.

Kaum muslimin dengan dipandu oleh nabiyullah ‘Isa mengungsi ke Thursina. Disana kaum muslimin terkepung sehingga harga kepala sapi bakalan jadi mahal.

Selanjutnya Ya’juj dan Ma’juj dibinasakan oleh Allah, kemudian Dia menurunkan hujan membasahi bumi. Alhamdulillah

Matahari terbit dari tempat terbenamnya

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda –yang artinya-: “… maka dikatakan kepadanya (matahari): ’Naiklah dan terbitlah kamu dari tempat terbenammu’, maka ia pun terbit dari tempat terbenamnya. Apakah kamu tahu kapankah hal itu akan terjadi? Itu akan terjadi pada waktu tidak akan berguna iman seseorang yang belum pernah beriman sebelumnya atau belum pernah berbuat baik dengan imannya.” (terjemahan hadits riwayat Muslim dari Abu Dzar)

Apabila matahari sudah terbit dari barat, maka taubat sudah tidak bermanfaat. Makanya, buruan taubat, mumpung masih sempat.

Keluarnya Binatang Bumi

Allah berfirman –yang artinya-: “Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami akan mengeluarkan seekor binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia sudah tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.” (terjemahan Al Qur’an surat An Naml ayat 82)

Tanda ini berdekatan waktunya dengan terbitnya matahari dari barat, bisa jadi lebih dahulu darinya, atau sesudahnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda –yang artinya-: “Sesungguhnya tanda-tanda kiamat yang akan terjadi pertama adalah terbitnya matahari dari tempat terbenamnya dan keluarnya seekor binatang kepada manusia pada waktu dluha, yang manapun di antara dua hal ini yang akan duluan terjadi, maka yang keduanya akan terjadi dalam waktu yang dekat.” (terjemahan hadits riwayat Muslim dari ‘Ibnu ‘Umar)

Keluarnya asap

Telah berkata Ibnu Abi Hatim dari Ali bin Abi Thalib –yang artinya-: sebelum selesai tanda asap, maka ia akan menyebabkan kepada orang-orang mu’min seperti demam dan akan melepuhkan orang-orang kafir sampai pecah” (tafsir ‘Ibnu Katsir)

Tiga Pembenaman Bumi

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda –yang artinya-: “Sesungguhnya kiamat tidak akan terjadi sehingga kalian menyaksikan sebelumnya sepuluh tanda … tiga pembenaman bumi, di timur, di barat, di semenanjung ‘Arabia …” (terjemahan hadits riwayat Muslim)

Keluarnya Api Yaman

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda –yang artinya-: “Keluarnya api dari dasar Aden yang akan menggiring manusia ke Mahsyar dan api tersebut akan bermalam di tempat manapun manusia itu bermalam dan ia akan berada di manapun manusia itu tidur siang (istirahat).” (terjemahan hadits riwayat Muslim dari Abu Hudzaifah bin Asid)

Tanda-tanda Kiamat Nggak Masuk Akal?

Mungkin ada yang bilang tanda-tanda kiamat koq nggak masuk akal. Maka perlu ditanya balik, akal siapa? Kalau akalnya orang-orang yang berakal pasti akan masuk akal. Soalnya orang-orang berakal paham sepenuhnya kalau Allah Maha berkuasa melakukan segala sesuatu. Lha kalau akalnya nggak beres, maka dia bakalan membatasi kemampuan Allah dengan akalnya. Maha Suci Allah dari yang demikian.

Kapankah Hari Kiamat?

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda –yang artinya-: “Kiamat tidak akan terjadi kecuali atas manusia-manusia yang paling jahat” (terjemahan hadits riwayat muslim dari Ibnu Mas’ud). Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam juga bersabda –yang artinya-: “Kiamat tidak akan terjadi kecuali apabila di bumi tidak di sebut-sebut lagi (nama) Allah, Allah.” (terjemahan hadits riwayat muslim dari Anas)

Persisnya, kapan sih kiamat itu?
Dari hadits riwayat Muslim bahwa Rasulullah Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa salam pernah ditanyai oleh malaikat Jibril untuk memberi pengajaran kepada para shahabat. Sewaktu ditanya tentang kapan terjadinya hari kiamat, beliau shallallaahu ‘alaihi wa salam menjawab –yang artinya-: “Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya”

Maka akan jadi bagus kalau kita lebih menyibukkan diri untuk mempersiapkan kedatangan hari kiamat. Dari Anas bin Malik bahwasanya seorang laki-laki bertanya kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa salam –yang artinya-: “Wahai Rasulullah kapan hari kiamat terjadi?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda –yang artinya-: “Apa yang telah kamu siapkan untuknya ? …” (terjemahan hadits riwayat Bukhori)

Wahai teman-teman…
apa yang telah kita siapkan untuknya???

(alif).

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *