Manfaatkan Masa Mudamu

Manfaatkan Masa Mudamu

Pernah dengar ungkapan ini? “Kecil dimanja, muda foya-foya, tua kaya-raya,…mati masuk surga”

Seperti inikah potret generasi muda kita? Hanya ingin enaknya saja. Mana ada keberhasilan dicapai tanpa perrtolongan Allah kemudian kerja keras? Ungkapan model begituan sangat tidak pantas dijadikan semboyan oleh kaum muslim. Kalau waktu kecil dimanja, terus waktu muda foya-foya, bagaimana tua bisa kaya-raya? Kapan kerjanya…? Sudah begitu… ingin masuk surga lagi!

Oleh sebab itu penting bagi kaum muslim mengetahui bagaimana caranya sukses dunia-akhirat..

Kunci Kemenangan

Ketahuilah saudaraku –semoga Allah merahmatimu-…

Allah ‘Azza wa Jalla telah membuka jalan kemenangan bagi mereka yang mau mena’ati Allah dan rasul-Nya. Sebagaiman firman Allah –yang artinya-: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amal-amalmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mena’ati Allah dan rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar” (terjemahan Al Qur’an surat Al Ahzab ayat 70-71)

 

Jadi, kunci kemenangan kita adalah mena’ati Allah dan rasul-Nya; …Dan barangsiapa mena’ati Allah dan rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar”…! Dan inilah taqwa…!

 

Wasiat Tak Ternilai

 

Telah akrab di telinga, seruan dari khathib jum’at: “Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dengan sebenar-benarnya taqwa, dan janganlah kalian mati kecuali dalam keadaan Islam”

 

Wasiat ini diingatkan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam kepada para shahabatnya –semoga Allah meridloi mereka-. Padahal… para shahabat adalah kelompok umat Islam yang paling baik. Tidak ada kelompok Islam manapun yang lebih baik daripada mereka. Mereka menangis ketika melihat Rasulullah shalallaahu ‘alaihi wa salam bersedih. Mereka tertawa apabila melihat beliau gembira. Saat Rasulullaah pergi berjihad, mereka lah yang berada di depan, di belakang, di kanan dan di sebelah kiri beliau. Mereka lebih suka nyawanya melayang, daripada melihat beliau disakiti oleh musuh walau hanya dengan sebuah duri. Nyawa dan hartanya mereka persembahkan sepenuhnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Mereka ridlo kepada Allah dan Allah pun ridlo kepada mereka. Tidak ada seorang mukmin pun meragukan loyalitas mereka terhadap Islam.

 

Akan tetapi…

Rasulullah masih mengingatkan mereka untuk bertaqwa kepada Allah dengan sebenar-benarnya taqwa dan menjaga keislamannya sampai akhir hayat.

 

Lantas,… bagaimanakah dengan manusia sekarang ini, yang hidupnya berbelas abad jauhnya dari masa shahabat? Maka kita lebih pantas untuk mendapatkan seruan taqwa. Lebih-lebih di masa sekarang kemaksiatan bertebaran di mana-mana. Pejabat korupsi, tukang becak berjudi, penyembahan terhadap kuburan dan petilasan menjadi-jadi. Realitasnya, hampir tidak ada suatu tempat pun yang bisa selamat dari kemaksiyatan. Nau’dzu billaahi min dzaalik

 

Bekali Dirimu

 

Bersiaplah saudaraku…

Sesungguhnya jalan untuk menuju kemenangan tidak semudah yang kita inginkan. Engkau akan banyak menjumpai rintangan dan godaan… dari ajakan teman-teman yang suka tawuran, dari godaan televisi yang melalaikan, dari cemoohan orang-orang yang berkata: “Ah, sok alim!”, dari komik dan novel yang melelahkan mata, dan dari hal lainnya yang tak terkira banyaknya.

 

Maka kini saatnya kamu bertekad untuk mengisi masa mudamu dalam rangka ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya. Kembalilah tekuni kebiasaanmu membaca Al Qur’an, kerjakan shalat wajib tepat waktu, berbaktilah kepada kedua orang tuamu, dan pelajari agama ini dari yang paling penting… Tauhid! Yakni: pengesaan bahwa hanya Allah lah Dzat yang berhaq diibadahi.

 

Maka berbekallah, karena Dzat yang jiwa kita berada dalam genggaman-Nya telah berfirman –yang artinya-: “Dan persiapkanlah bekal, sesungguhnya bekal yang paling baik adalah taqwa” (terjemahan Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 197)

 

Selamat memanfaatkan masa muda dengan memupuk bekal…

(alif)

masa depanmu

 

 

 .

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *