LIDMI Yogyakarta sukses menggelar Tabligh Akbar “Muhasabah Akhir Tahun”

LIDMI Yogyakarta sukses menggelar Tabligh Akbar “Muhasabah Akhir Tahun”

(PMAN–Yogyakarta) – Hari ini Ahad (25/12/2016) Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (LIDMI) Yogyakarta sukses menggelar tabligh akbar yang bertajuk Muhasabah Akhir Tahun di Masjid Al-Hidayah Purwosari Yogyakarta. Acara kali menghadirkan Ustadz Alfi Syahar, Lc., MA., sebagai pembicara, beliau merupakan lulusan S1 Syariah International University of Africa, Sudan dan S2 Syariah International Islamic University of  Malaysia.

Acara dimulai sekitar pukul 08.30 WIB, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan sambutan dari Takmir Masjid Al-Hidayah lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi dan ditutup dengan sesi tanya jawab sekitar pukul 10.30 WIB. Acara ini dihadiri oleh puluhan jamaah dari berbagai kalangan mulai dari mahasiswa sampai dengan orang tua termasuk ibu-ibu pengajian disekita Masjid Al-Hidayah Purwosari.

LIDMI menyelenggarakan acara ini dengan bekerja sama dengan Pondok Mahasiswa Al-Madinah Nusantara (PMAN) dan Takmir Masjid Al-Hidayah Purwosari Yogyakarta serta didukung oleh DPW Wahdah Islamiyah Yogyakarta. Acara ini juga menjadi ajang silaturahmi kader-kader LIDMI dari berbagai kampus se-Yogyakarta dalam rangka mendukung pergerakan dakwah kampus.

Ustad Alfi Syahar dalam tausiahnya mengatakan bahwa muhasabah adalah sebuah upaya evaluasi atau menguji diri kita terhadap kebaikan dan keburukan dalam segala aspeknya. Muhasabah sama seperti orang yang bertanya pada dirinya sendiri atau bertanya pada diri kita sendiri tentang perbuatan yang kita lakukan agar menjadikan nafs jiwa kita ini menjadi jiwa yang sakinah, jiwa yang tenang.

Muhasabah hendaknya tidak dilakukan disetiap perpindahan tahun saja, tetapi idealnya sebagai orang yang beriman senantiasa setiap saat, setiap waktu, bahkan setiap aktivitasnya dan setelahnya selalu bermuhasabah dirinya kepada Allah. Ada dua bagian muhasabah yang harus dimiliki setiap muslim yaitu muhasabah secara vetikal, hubungannya dengan Allah dan muhasabah secara horizontal, mengevaluasi hubungannya dengan sesama manusia. (DR)

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *