Dauroh Bahasa Arab

Dauroh Bahasa Arab

Dauroh Bahasa Arab | 11-17 Februari 2013

suasana asrama

suasana asrama: lokasi dauroh bahasa arab

Salah satu target output (dari 9 target output) Pondok Mahasiswa Al-Madinah Nusantara adalah “menguasai bahasa arab pasif”. Oleh karena itu, untuk mewujudkan target tersebut pada tanggal 11-17 Februari 2013 di asrama PMAN diadakan Dauroh Bahasa Arab dengan materi utama berupa buku/kitab Muyasar. Dauroh yang diampu oleh Ust. Arif hafidzhahullah, seorang alumni Ma’had Aly serta mahasiswa tingkat akhir program S1 Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Alhamdulillah Dauroh tersebut dapat berjalan dengan lancar, serta berhasil menyelesaikan materi kitab Muyasar secara keseluruhan. Kini sebagian besar mahasantri sudah memiliki dasar-dasar ilmu nahwu dalam bahasa arab, walupun masih sangat minim. Kegiatan Dauroh Bahasa Arab itu akan diikuti (follow up) dengan latihan membaca kitab arab gundul yang diampu oleh Musyrif (mentor) PMAN. Semoga dalam jangka waktu 2 tahun ini, mahasantri bisa mencapai salah satu target output PMAN yaitu “menguasai bahasa arab pasif”, insyaAllah, semoga Allah memudahkan dan meridhoi usaha kita bersama, amin.

Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.” Ibnu katsir berkata ketika menafsirkan surat Yusuf ayat 2 tsb: “Yang demikian itu (bahwa Al -Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab) karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, jelas, luas, dan maknanya lebih mengena lagi cocok untuk jiwa manusia. Oleh karena itu kitab yang paling mulia (yaitu Al-Qur’an) diturunkan kepada rosul yang paling mulia (yaitu: Rosulullah), dengan bahasa yang termulia (yaitu Bahasa Arab), melalui perantara malaikat yang paling mulia (yaitu malaikat Jibril), ditambah kitab inipun diturunkan pada dataran yang paling mulia diatas muka bumi (yaitu tanah Arab), serta awal turunnya pun pada bulan yang paling mulia (yaitu Romadhan), sehingga Al-Qur an menjadi sempurna dari segala sisi.” (Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir surat Yusuf).

.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *